Nikmati Pensiun Layaknya Sultan dengan 5 Tips Investasi Ini

Premier

Nikmati Pensiun Layaknya Sultan dengan 5 Tips Investasi Ini


Nikmati Pensiun Layaknya Sultan dengan 5 Tips Investasi Ini


Ingin pensiun dengan tenang di masa tua? Yuk, praktikan wealth management yang baik dengan 5 tips investasi pensiun ini!

Bekerja keras pada masa muda dan menikmati masa pensiun dengan tenang bukan sekadar impian semata. Anda bisa menggapainya dengan melakukan wealth management secara cermat. Lantas, apa saja yang perlu Anda lakukan?

Investasi jangka panjang adalah salah satu cara terbaik untuk merealisasikannya. Mari mencoba 5 tips investasi ini untuk mendapat hasil maksimal bagi masa pensiun Anda!


1. Cari tahu kebutuhan hidup pada masa pensiun

Tak jauh berbeda dari masa sebelum pensiun, pada hari tua nanti Anda juga membutuhkan hal-hal yang bisa Anda butuhkan sebelum berhenti bekerja. Saat pensiun, Anda masih bersosialisasi, berderma, dan masih banyak hal lain yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang. Karena itu, proyeksikan kebutuhan Anda di masa pensiun untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas berapa yang Anda butuhkan nanti.


2. Merencanakan dana pensiun sejak dini

Setelah mendapatkan gambaran seberapa banyak kebutuhan Anda di masa pensiun, perlu segera dibuat perencanaan dana pensiun sedini mungkin. Pikirkan jangka waktu yang Anda miliki sebelum masa pensiun tiba. Lamanya masa pensiun juga perlu dipertimbangkan mengingat Anda akan menggunakan dana pensiun untuk jangka waktu tersebut.


3. Memilih instrumen investasi dengan cermat

Nikmati Pensiun Layaknya Sultan dengan 5 Tips Investasi Ini

Pemilihan instrumen investasi yang tepat bisa dilakukan jika Anda sudah mengetahui berapa lama waktu yang Anda miliki sebelum memasuki masa pensiun. Ada banyak jenis investasi jangka panjang yang bisa dipilih. Boleh saja berinvestasi di investasi konservatif seperti emas, tetapi akan lebih baik jika memilih investasi seperti dana pensiun, saham, atau reksadana.

Salah satu cara terbaik untuk menyiapkan dana pensiun Anda adalah dengan memanfaatkan produk investasi jangka panjang HSBC seperti reksadana dan obligasi. Investasi reksadana dengan HSBC memberikan Anda keuntungan berupa dukungan manajer investasi profesional, dana investasi awal yang rendah, serta kemudahan transaksi secara online hingga fleksibilitas dengan HSBC Investment Link.

Berinvestasi dalam bentuk obligasi dengan HSBC juga tak kalah menguntungkan. Umumnya Anda akan mendapatkan return lebih tinggi dibanding deposito. Anda pun bebas memilih bermacam obligasi dengan banyak pilihan jangka waktu.


4. Mengatur strategi menyisihkan uang untuk investasi dana pensiun

Jika sudah berbicara tentang wealth management dan menabung atau investasi, banyak orang yang kesulitan untuk menyisihkan uang secara rutin. Berbagai kebutuhan dan alasan-alasan lain menjadi hal utama yang menghalangi Anda untuk menyisihkan dana pensiun.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menyisihkan dana secara rutin adalah dengan auto-debet untuk menabung secara otomatis. Anda juga bisa menggunakan auto-invest untuk berinvestasi otomatis setiap bulan. Dengan cara-cara demikian, Anda bisa memastikan bahwa dana yang Anda miliki benar-benar tersisihkan untuk dana pensiun Anda.


5. Mempersiapkan pengaturan dana pensiun yang didapat

Saat masa pensiun datang dan Anda mendapatkan dana pensiun Anda nanti, tentu Anda perlu mengaturnya agar tak habis dengan segera. Jadi, Anda harus mempersiapkan dari sekarang mengenai apa yang bakal Anda lakukan dengan dana pensiun tersebut.

Jika ingin berwirausaha, pastikan Anda mempersiapkan diri dulu sebelum pensiun, agar saat pensiun usaha bisa berjalan dan dana pensiun tidak hangus begitu saja. Jika ingin berinvestasi terus, pastikan Anda belajar memahami dunia investasi sehingga Anda bisa menempatkan dana di investasi yang tepat. Ini agar hasilnya bisa menunjang kebutuhan Anda selama masa pensiun.

Mempersiapkan dana pensiun memang tidak mudah. Namun, dengan usaha dan komitmen, bukan tidak mungkin bila dana pensiun bisa dicapai secara maksimal. Dengan kelima tips di atas, Anda bisa mempraktikkan wealth management yang baik sejak dini.


References:

  • hsbc.co.id/1/2/id/personal/hsbc-premier
  • cnnindonesia.com/ekonomi/20190223070057-83-371989/cermat-investasi-demi-jadi-crazy-rich-saat-pensiun
  • finansialku.com/top-5-investasi-hari-tua/
  • liputan6.com/bisnis/read/3444825/5-jenis-investasi-yang-cocok-untuk-persiapkan-masa-pensiun