5 Panduan Lengkap Memilih Jenis Investasi

HSBC Premier

5 Panduan Lengkap Memilih Jenis Investasi


5 Panduan Lengkap Memilih Jenis Investasi


Dari variasi investasi yang ada, banyak pro dan kontra yang harus dipahami supaya tidak salah langkah. Semua panduan lengkap tersedia untuk Anda berikut!

Pernah berharap punya panduan untuk memahami semua jenis- jenis investasi yang ada? Selalu bingung harus memulai dari mana atau aset investasi apa? Saatnya menarik nafas lega karena seluruh panduan jenis-jenis investasi kini sudah tersedia. Setiap rupiah Anda akan bekerja maksimal dengan pembahasan lengkap berikut.

Mulai dari penentuan investasi, cara kerja investasi, hitungan perkiraan inflasi, jangka waktu investasi hingga resiko dan manajemen dari perspektif seorang pemula, semuanya akan disajikan lengkap supaya setiap langkah Anda tepat dan terarah.


1. Memahami Mindset Investasi Sebagai Pemula

5 Panduan Lengkap Memilih Jenis Investasi

Sebelum memulai investasi, Anda harus terlebih dahulu memahami tujuan dari aktivitas investasi Anda. Setiap orang memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda dan ini nantinya akan berpengaruh pada keputusan dalam memilih jenis-jenis investasi. Walaupun berbeda, pada dasarnya ada 3 tujuan utama dalam berinvestasi.

  • Safety

Tidak ada investor yang ingin merugi, karena itu faktor keamanan sangat penting dalam keputusan memilih jenis- jenis investasi. Jika tujuan utama Anda berinvestasi lebih untuk menjamin keamanan masa depan, maka idealnya jenis-jenis investasi yang dipilih nantinya yang memang nilai risikonya sangat rendah atau dijamin pengembaliannya oleh pemerintah.

  • Income

Investor yang punya tujuan mendapatkan ekstra penghasilan melalui investasi idealnya memilih jenis-jenis investasi yang sifatnya stabil. Daya tahan risiko juga harus ditingkatkan supaya hasil investasi bisa berjalan mengimbangi inflasi, misalnya kombinasi antara reksa dana, saham berdeviden, atau deposito dalam susunan portofolio investasi.

  • Growth

Yang dimaksud dengan growth adalah mengembangkan modal awal hingga berkali-kali lipat (capital growth). Jika tujuan investasi Anda lebih ke pengembangan modal awal, maka jenis-jenis investasinya bisa mengarah ke yang jenis aset tetap, misalnya properti, emas, dan lain sebagainya. Ataupun Anda bisa lebih agresif dengan jenis-jenis investasi yang high risk demi high return pula.


Apakah seseorang boleh memiliki lebih dari satu tujuan investasi? Bisa! Tetapi umumnya dalam memulai investasi dari awal, Anda akan condong pada satu tujuan tertentu sedangkan tujuan lain bersifat sebagai tambahan, misalnya: 75% untuk safety, 15% untuk income dan 10% untuk growth (komposisi ini sangat bervariasi per individu).

Seiring waktu, tujuan investasi juga akan berubah-ubah sesuai kebutuhan. Semakin Anda menguasai tujuan investasi yang terus berubah ini, maka pemilihan jenis-jenis investasi juga akan semakin jelas dan terarah.


2. Pilihan Jenis-jenis Investasi dan Caranya Bagi Pemula

5 Panduan Lengkap Memilih Jenis Investasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan investasi pasti berbeda-beda. Namun sebagai investor pemula, idealnya Anda terlebih dahulu membangun portofolio dengan jenis-jenis investasi yang bersifat aman dan rendah risiko, sebelum akhirnya mencoba lebih agresif dan meningkatkan daya tahan risiko. Apa saja jenis-jenis investasi yang ideal untuk seorang investor pemula? Berikut 5 rekomendasi pilihan instrumen jenis-jenis investasi.

  • Reksa Dana

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Secara umum, ada beberapa jenis reksa dana yang dikenal oleh masyarakat, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana index. Seluruh pengelolaan reksa dana umumnya tergolong aman karena telah diserahkan kepada ahlinya yaitu manajer investasi yang ditunjuk.

Cara memulai investasi di reksa dana juga cukup mudah yaitu dengan membuka rekening di bank yang telah bekerjasama dengan manajer investasi. Di HSBC sendiri, Anda akan terlebih dahulu dibantu oleh Relationship Manager untuk pengecekan tujuan investasi dan profil risiko. Setelah itu, rekening reksa dana akan dibantu untuk didaftarkan.

Setelah rekening reksa dana HSBC aktif, selanjutnya adalah memilih jenisnya yang paling sesuai dengan kebutuhan, preferensi dan pasar yang diinginkan. Transaksi jual beli ini cukup mudah yaitu melalui layanan internet banking yang tersedia.

  • Obligasi Pemerintah

Obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat diperjualbelikan. Pihak penerbit obligasi menjanjikan imbalan bunga kepada pembeli obligasi dalam periode tertentu, termasuk melunasi pokok utang pada akhir waktu yang telah ditentukan. Obligasi sifatnya berpendapatan tetap dengan tingkat pertumbuhan nilai investasi dan faktor risiko yang relatif stabil.

Jenis-jenis obligasi pada umumnya adalah obligasi pemerintah (Surat Utang Negara), obligasi korporasi (BUMN atau korporasi lainnya), dan obligasi ritel (dijual kepada individu melalui agen penjual yang ditunjuk pemerintah).

Memiliki obligasi sebagai bagian dari investasi sangat disarankan kepada investor pemula, karena selain bisa mendapatkan imbalan tetap, Anda juga turut berpartisipasi mengumpulkan modal untuk dikelola demi kemajuan negara melalui agen resmi yang ditunjuk, seperti HSBC sebagai salah satu bank yang memperjualbelikan obligasi dengan berbagai pilihan yang ideal untuk Anda.

Cara memiliki obligasi di HSBC juga mudah, yaitu melengkapi Kuesioner Profil Risiko dan mulai memilih sesuai kebutuhan dan risiko Anda. Setelah itu, Anda sudah bisa menikmati keuntungan berkala atau dari proses roll-over otomatis.

  • Rekening Valas

Sesuai namanya, rekening valas adalah jenis tabungan yang menggunakan mata uang asing. Selain untuk kebutuhan transaksi valas, investor bisa menggunakan rekening valas sebagai salah satu bentuk jenis investasi yang bersifat jangka menengah hingga panjang, misalnya untuk menabung biaya pendidikan masa depan, hedging/melindungi risiko atas aset, hingga mengambil selisih nilai tukar mata uang sebagai keuntungan.

Untuk Anda yang memiliki kebutuhan bisnis ekspor impor atau ingin investasi rekening valas, pastikan memilih bank yang terpercaya dan juga mata uang asing yang kuat (USD, GBP, AUD, JPY). Di HSBC, rekening mata uang asing dapat langsung dibuka secara online dengan suku bunga khusus melalui Internet Banking HSBC.

  • Deposito

Deposito adalah simpanan yang pencairan dana dapat dilakukan sesuai dengan periode dan syarat-syarat tertentu. Sebagai salah satu aset likuid, deposito bukan hanya bisa dijadikan investasi yang aman tetapi juga dapat berguna sebagai agunan/jaminan kredit, sambil tetap mendapatkan bunga berjalan sesuai penawaran yang didapatkan.

Di HSBC, produk deposito dengan suku bunga menarik tersedia dalam tenor 1-12 bulan dengan fitur yang sangat fleksibel, yaitu perpanjangan pokok deposito atau perpanjangan pokok dan suku bunga sekaligus. Pembukaan rekening deposito di HSBC sudah dapat dilakukan secara online dengan suku bunga khusus via Internet Banking HSBC.


3. Menghitung Nilai Perkiraan Inflasi

5 Panduan Lengkap Memilih Jenis Investasi

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa yang bersifat kontinu akibat mekanisme pasar secara keseluruhan. Pada tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai inflasi sebesar 1,68% atau dalam arti lain, nilai uang sebagai alat tukar produk/jasa menurun sebesar 1,68%.

Idealnya, kinerja investasi memiliki tingkat pengembalian (return rate) diatas laju inflasi sehingga daya beli Anda tetap kuat dan aset terus bertambah. Setiap jenis investasi memiliki return rate yang berbeda- beda, misalnya deposito sekitar 4-6% per tahun atau obligasi sekitar 3- 8% yang nilainya bisa berubah sewaktu- waktu.

Jadi, pastikan jenis investasi yang dibeli memiliki tingkat suku bunga yang diatas laju inflasi, sambil juga memperhatikan tingkat risiko karena semakin tinggi return rate maka risiko juga turut meningkat.


4. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Jangka waktu investasi bisa bervariasi dari yang pendek (hari) hingga panjang (tahun). Cara menentukan jangka waktu investasi tergantung pada target, profil risiko, ketersediaan waktu dan dana, serta kebutuhan masing-masing investor.

Prinsipnya, jika performa jenis-jenis investasi bagus, maka idealnya jangka waktu investasi bisa diperpanjang semaksimal mungkin. Rata-rata lamanya waktu yang dibutuhkan untuk kinerja yang maksimal sesuai jenis-jenis investasi adalah:

- Reksa dana: bervariasi antara 1- 5 tahun atau lebih, antara lain:

  • Untuk jangka waktu kurang dari 1 tahun, boleh memilih reksa dana pasar uang;
  • Untuk jangka waktu 1- 3 tahun, sebaiknya memilih reksa pendapatan tetap;
  • Untuk jangka waktu 3- 5 tahun, bisa dipertimbangkan reksa dana campuran;
  • Diatas 5 tahun, sebaiknya pilih reksa dana saham.

- Obligasi: tersedia mulai dari 1 tahun hingga 30 tahun. Semakin lama maturity, maka tingkat suku bunga makin tinggi.

- Rekening valas: jangka waktu bervariasi, bisa jangka pendek untuk mengejar profit margin atas selisih kurs, atau jangka panjang untuk kepentingan masa depan.

- Deposito: bervariasi dan tidak terbatas (sesuai kebutuhan).


5. Cek Risiko Setiap Instrumen Investasi

5 Panduan Lengkap Memilih Jenis Investasi

Tinjau kembali pilihan jenis-jenis investasi bagi pemula dari segi risikonya. Berikut penjelasannya:

  • Reksa dana: tergolong sebagai instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko rendah hingga menengah. Tetap dibutuhkan analisa sebelum membeli jenis reksa dana tetapi peran manajer investasi akan sangat membantu dalam pengelolaan reksa dana. Untuk pemula, reksa dana adalah salah satu dari jenis-jenis investasi yang cocok dimiliki.
  • Obligasi: obligasi pemerintah biasa disebut juga dengan obligasi bebas risiko, namun tetap ada risiko seperti likuiditas, maturitas, suku bunga hingga gagal bayar. Jika ditinjau dari kombinasi penjaminan hingga risiko, maka obligasi tergolong investasi dengan tingkat risiko rendah ke menengah.
  • Rekening valas: investasi rekening valas relatif rendah resikonya tetapi tentu sangat terkait dengan pilihan mata asing. Pastikan memilih jenis kurs yang kuat dan tidak terlalu fluktuatif, serta didukung kinerja perbankan yang memberikan suku bunga tinggi dan biaya admin bersaing.
  • Deposito: jenis investasi deposito tergolong memiliki resiko rendah karena termasuk jenis tabungan yang dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) sesuai suku bunga yang berlaku.

Seperti yang sudah dipahami bersama, bahwa investasi merupakan upaya manajemen finansial jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu di masa depan. Dalam hal ini, dibutuhkan pengaturan finansial yang tepat agar investasi Anda bisa memberikan keuntungan secara maksimal.

Di HSBC Premier, Anda bisa membangun, mengelola dan melindungi aset kekayaan Anda di dalam dan luar negeri dengan beragam layanan eksklusif. HSBC Premier akan memberikan solusi finansial yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan, profil risiko, serta tujuan, minat dan pilihan investasi Anda.

Anda akan dibantu oleh relationship manager yang didukung oleh pakar berstandar internasional, serta tim berdedikasi yang telah meraih penghargaan “Best Wealth Manager in Indonesia” tahun 2018 - 2020 dari The Asset Triple A yang merupakan sebuah institusi penilaian terkemuka di Asia Pasifik.

Raih tujuan dan impian Anda di masa depan dan buat hidup Anda jadi lebih hidup dengan HSBC Premier.


References:

  • akseleran.co.id/blog/cara-memilih-investasi/
  • akurat.co/ekonomi/id-966974-read-5-cara-memilih-investasi-yang-aman-dan-menguntungkan-bagi-first-jobber
  • axa.co.id/inspirasi/kiat-memilih-investasi-paling-tepat/
  • hsbc.co.id/1/PA_esf-ca-app-content/content/indonesia/personal/offers/news-and-lifestyle/files/articles/html/201906/jenis-jenis-investasi-yang-populer-di-indonesia.html
  • investopedia.com/managing-wealth/basic-investment-objectives/
  • bareksa.com/berita/id/text/2019/03/06/apa-saja-keuntungan-dan-risiko-berinvestasi-di-obligasi-pemerintah/21768/news
  • bisnis.tempo.co/read/701125/ojk-resmi-keluarkan-aturan-rekening-valas-bagi-wna