Personal

Halaman Keamanan Belanja Online

Nikmati keleluasaan dan keamanan transaksi online dengan menggunakan kartu kredit HSBC. Kartu Kredit HSBC telah dilengkapi dengan teknologi 3D Secure, yaitu tahapan otentikasi transaksi online berupa One-Time Password-OTP yang akan dikirimkan ke ponsel Anda setiap Anda melakukan transaksi online di secure merchant (merchant yang berpartisipasi di dalam 3 Domain Secure / 3D Secure).

Gunakan One-Time Password (OTP) untuk belanja online Anda

Anda akan diminta untuk memasukkan One-Time Password (OTP) setiap kali berbelanja online menggunakan Kartu Kredit HSBC di secure merchant. Layar tambahan akan muncul dan meminta Anda untuk memasukkan One-Time Password (OTP) yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda yang terdaftar pada sistem kami.

Apakah yang dimaksud dengan One Time Password (OTP)?

One Time Password (OTP) adalah enam digit password yang dihasilkan secara acak dan dikirim via SMS ke ponsel Anda, dan menyediakan metode yang lebih aman untuk otentikasi transaksi online Anda sehingga Anda merasa nyaman dalam melakukan transaksi online1.

Apakah yang dimaksud dengan 3D Secure?

3D Secure adalah protokol pengamanan yang digunakan oleh bank-bank di seluruh dunia untuk mengotentikasi transaksi kartu secara online. Anda dapat mengenali merchant yang menggunakan 3D Secure dengan melihat logo "Verified by Visa" atau "MasterCard SecureCode" di situs online merchant yang Anda kunjungi.

Lakukan pengkinian data

Agar dapat terus menikmati belanja online di 3D Secure online merchant dengan Kartu Kredit HSBC Anda, pastikan nomor ponsel terkini Anda sudah terdaftar di sistem atau segera perbarui nomor ponsel Anda untuk menerima OTP.
Hubungi Layanan HSBC Phone Banking di 1 500 700 (Premier) dan 1 500 8082 (Kartu Kredit HSBC lainnya) untuk memperbarui nomor ponsel Anda atau nomor ponsel Pemegang Kartu Tambahan.

1 Keberhasilan pengiriman SMS OTP tergantung dari ketersediaan jaringan operator telekomunikasi.

2 Efektif per tanggal 25 November 2019 nomor 64722 sudah tidak dapat dihubungi dan berubah menjadi 1 500 808.

Ikuti langkah mudah ini untuk terus belanja online
dengan lebih aman


  1. Lakukan transaksi online di situs berlogo "Verified by Visa" atau "MasterCard SecureCode"

  2. Pada saat melakukan pembayaran, tekan tombol Bayar.

  3. Anda akan menerima SMS yang berisi nomor OTP. Pastikan nomor ponsel Anda aktif dan terdaftar di sistem HSBC.

  4. Masukkan nomor OTP pada layar tambahan dan klik tombol Lanjutkan/OK.

  5. Proses otentikasi transaksi berhasil. Cek konfirmasi status transaksi Anda di layar merchant.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat berguna untuk keamanan Anda:

  1. Carilah bukti/tanda bahwa penyedia jasa internet Anda menggunakan beberapa protokol keamanan untuk melindungi data kartu kredit sewaktu transaksi dilakukan seperti tanda keamanan SSL, dan sebagainya.
  2. Pastikan Anda mengetahui penyedia jasa internet Anda mempunyai reputasi yang baik dan terpercaya. Jangan lupa untuk mengecek ulang nama dan alamat kantor penyedia jasa internet Anda.
  1. Nomor ponsel yang tertera di layar bukan merupakan nomor saya yang terbaru. Apa yang harus saya lakukan?
    Hubungi Layanan HSBC Phone Banking di 1 500 700 (Premier) dan 1 500 8081 (Kartu Kredit HSBC lainnya) untuk memperbarui nomor ponsel Anda.
  2. Saya tidak menerima SMS berisi OTP. Apa yang harus saya lakukan?
    Mohon pastikan nomor ponsel yang terdaftar di HSBC adalah nomor ponsel Anda yang terkini. Anda akan mendapatkan OTP dalam waktu kurang dari 1 menit. Namun ini tergantung dari penyedia servis ponsel Anda dan dapat membutuhkan waktu lebih lama tergantung dari padatnya jaringan.
  3. Apakah saya harus menekan suatu tombol untuk mendapat OTP melalui SMS?
    Tidak, pada awal transaksi OTP akan otomatis dikirimkan ke nomor ponsel Anda yang sudah terdaftar pada sistem kami, kecuali pada saat Anda menginginkan OTP dikirim ulang Anda harus menekan tombol "Kirim Ulang OTP".
  4. Berapa lama OTP akan berlaku?
    OTP Anda akan berlaku untuk 5 menit. Tekan tombol Kirim Ulang OTP jika Anda telah melampaui batas waktu maksimum dalam mencoba transaksi.
  5. Berapa kali saya dapat meminta Kirim Ulang OTP?
    Anda dapat meminta Kirim Ulang OTP maksimal 3 kali untuk satu transaksi.
  6. Apa yang terjadi jika saya salah memasukkan nomor OTP?
    Anda memiliki 3x kesempatan untuk memasukkan OTP Anda. Jika Anda telah memasukkan OTP Anda yang salah sebanyak 3 kali, Anda tidak akan dapat melanjutkan transaksi Anda dan Anda akan kembali ke website merchant. Hubungi layanan HSBC Phone Banking di 1 500 700 (Premier) dan 1 500 8081 (Kartu Kredit HSBC lainnya) agar Anda dapat melanjutkan transaksi online Anda.
  7. Mengapa transaksi online saya tidak meminta untuk memasukkan nomor OTP?
    Transaksi online dengan Kartu Kredit HSBC menggunakan 3D Secure hanya berlaku untuk transaksi yang dilakukan di merchant yang berpartisipasi dalam 3D Secure. Untuk merchant yang tidak berpartisipasi dalam 3D Secure, Anda tidak diminta untuk memasukkan nomor OTP.
  8. Bagaimana saya tahu merchant mana yang berpartisipasi dalam 3D Secure?
    Anda dapat mengenali merchant yang menggunakan 3D Secure dengan melihat logo “Verified by Visa” atau “MasterCard SecureCode” di situs online merchant yang Anda kunjungi.

1 Efektif per tanggal 25 November 2019 nomor 64722 sudah tidak dapat dihubungi dan berubah menjadi 1 500 808.

Hubungi Kami

1 500 808

Atau (+6221) 2552 6603
(dari luar negeri)

Khusus nasabah Premier

1 500 700

Atau (+6221) 2551 4722
(dari luar negeri)


PT Bank HSBC Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI)
dan merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)